Tata Ruang

TATA RUANG KABUPATEN MERANGIN

 

Kebijakan Pemerintah :

Mengoperasionalisasikan "Rencana Tata Ruang" sesuai dengan hierarki perencanaan (RTRW Nasional, RTRW Propinsi, RTRW Kabupaten/Kota) sebagai acuan koordinasi dan sinkronisasi pembangunan antar sektor dan antar wilayah.

 

Program Pemerintah :

Program Perencanaan Tata Ruang.

 

Keberhasilan pencapaian sasaran diukur melalui pencapaian indikator kinerja sasaran yang dikembangkan dari indikator kinerja program/kegiatan tahun 2010, yaitu terlaksananya kegiatan penataan ruang yang sesuai dengan peruntukannya.

Sasaran tersebut didukung oleh program/kegiatan sebagai berikut :

1. Program Perencanaan Tata Ruang.

Pada tahun 2010 Pemerintah Kabupaten Merangin telah melaksanakan penyusunan dokumen Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL), masing-masing untuk ibukota Kecamatan Pangkalan Jambu dan Pasar Muara delang Kecamatan Tabir Selatan yang saat ini mulai berkembang pesar dan dikhawatirkan pemanfaatan ruangnya tidak terkendali. Juga telah dilaksanakan penyusunan dokumen Rencana Penataaan Kawasan Pasar Pamenang dan Pasar Sungai Manau, karena kondisi kawasan Pasar Pamenang dan Pasar Muara siau saat ini cenderung mengalami penurunan.

Dari in dikator kinerja program/kegiatan perencanaan tata ruang pada kegiatan penyusunan dokumen Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) yang ditargetkan pada tahun 2010, semuanya telah dapat direalisasikan 100%.

2. Program Pemanfaatan Ruang

Pada tahun 2010 Pemerintah Kabupaten Merangin telah melaksanakan kegiatan pengelolaan Runag Terbuka Hijau (RTH) pada kegiatan pembuatan taman rekreasi yang pengerjaannya berupa pembuatan Taman Adipura.

3. Program Pengedalian Pemanfaatan Ruang

Pada tahun 2010 Pemerintah Kabupaten Merangin melaksanakan kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan pengedalian pemanfaatan ruang. diantaranya penerbitan izin pemanfaatan seperti Izin Prinsip, Izin Lokasi, Izin Mendirikan Bangunan dan lain-lain. jumlah IMB yang diterbitkan sebanyak 225 meter dengan rincian bangunan yang telah memperoleh IMB pada tahun 2010 antara lain sebagai berikut :

- 9 unit tower

- 90 unit ruko

- 1 unit restoran

- 116 rumah tinggal

- 2 unit gedung pendidikan

- 2 unit bangunan niaga (Koperasi)

- 5 unit bangunan gedung

Untuk perencanaan tata ruang di Kabupaten Merangin adalah Bapeda beserta Dinas PU dan Perumahan bekerja sama dengan Kantor Kebersihan, Pertamanan dan Penataan Pasar Kabupaten Merangin.

diharapkan untuk perencanaan tata ruang Kab. Merangin hendaknya disesuaikan dengan kondisi alam dan kebutuhan masyarakat, sehingga berdampak postif baik dari segi pembangunan maupun ekonomi,

Tata ruang tidak hanya untuk sarana dan prasarana insfrastruktur, tetapi juga dapat menjangkau seluruh aspek masyarakat baik di Desa ataupun di kota, akses jalan yang bagus, saluran drainase hingga limbah rumah tangga tidak menganggu kesehatan.

Disamping itu masyarakat dalam hal membangunan suatu bangunan hendaklah mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bagi yang memiliki usaha diwajibkan mengurus Siup , Situ dan TDP serta selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungannya.