Olahraga

Dengan Olah Raga Kita Jalin Solidaritas dan Sportifitas

Meningkat kan peran pemuda dan olah raga dalam pembangunan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat

Kebijakan pemerintah :

1. Menembangkan manajeman olah raga dalam upaya mewujudkan penataan sistem pembinaan dan pengembangn olah raga secara terpadu dan berkelanjutan.

2. Meningkatkan akses dan partisipasi masyarakat secara lebih luas dan merata untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani serta membentuk etos kerja masyarakat.

3. Meningkatkan sarana dan prasarana olahraga yang sudah tersedia dan membangun sarana dan prasarana baru untuk mendukung pembinaan olahraga.

4. Mengembangkan sistem penghargaan atlet, pelatih dan tenaga olahraga.

 

Program Pemerintah :

1. Program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja

2. Program perlindungan dan pengembangan lembaga ketenagakerjaan.

 

Perkembangan olah raga di Kabupaten Merangin berkembang dengan sangat pesat. untuk saat ini cabang olah raga futsal, badminton, Bola voli dan senam sangat digemari di Kabupaten Merangin.

dalam rangka meningkatkan sprotifitas dan kesadaran masyarakat akan sangat penting nya olahraga bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin melalui Dinas dan Instansi terkait melaksanakan program hari jumat bersih dan sehat dimana kegiatan ini ditujukan langsung kepada aparatur daerah khususnya PNS untuk selalu melaksanakan senam pagi setiap hari jumat di Dinas/Kantor masing-masing yang kemudian dilanjutkan dengan goyong royong bersama.

Dilanjutkan dengan program hari minggu pagi yang ditujukan bukan hanya bagi PNS saja, tetapi juga bagi seluruh masyarakat merangin mengajak untuk dapat melakukan oleh raga senam pagi setiap hari minggu dihalaman kantor bupati merangin yang langsung dipimpin oleh instruktur senam yang berpengalaman.

sementara itu untuk olah raga cabang badimton pada tahun 2011 ini PBSI Kabupaten Merangin telah melaksanakan event pertandingan "Sumatera Open" yang dilaksanakan pada bulan Maret yang lalu bertempat di Hall Pemda Merangin yang diikuti oleh seluruh Kabupaten Provinsi Jambi dan provinsi tetangga dan berjalan dengan sukses. untuk kegiatan di bulan Agustus menyambut Hut RI, yang mana biasanya pada setiap tahun diadakan pertandingan antar dinas/instansi pada tahun 2011 ini PBSI tidak melaksanakan kegiatan tersebut di karenakan berbenturan dengan bulan suci ramadhan.

untuk cabang bola voly, event besar yang dilaksanakan adalah "kejuaraan Bola Voly Sumatera Open Sampoerna Hijau" memperebutkan piala Kapolres Merangin yang dilaksanakan oleh PBVI bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) yang diketua oleh Isnedi dari partai Gerindra.

Demikan pula dengan cabang futsal dan cabang-cabang olah raga lainya juga terlaksana event-event kejuaraan, khususnya untuk kegiatan porseni baik tingkat Sekolah dasar maupun sekolah Menengah Atas melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin.

Sarana dan prasana olah raga di Kabupaten Merangin :

Milik Pemerintah

1. Lapangan Koni (Lap. Sepak bola dan atletik)

2. Hall Badminton Pemda Merangin

3. Lapangan Bola Voly  Putra dan Putri

4. Lapang Tenis

 

Milik Swasta/Perorangan/Masyarakat

1. Lapang Futsal sebanyak 2 Buah

2. Hall Badminton sebanyak 2 buah

3. Sanggar Senam

4. Lap Bola voly dan lainnya.