Obyek

Kabupaten Merangin Memiliki Berbagai macam obyek wisata,yang terdapat di berbagai titik.

GEOPARK

Geopark adalah suatu kawasan yang memiliki arti sebuah warisan alam (geologi), berupa peninggalan kuno.

GEOPARK DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Meskipun suatu daerah memiliki nilai lebih, atau mempunyai warisan geologi yang terkenal dan bersifat universal, daerah itu belum tentu dapat menjadi GEOPARK Global menakala ia tidak memiliki rencana pariwisata berkelanjutan, misal membangun sarana jalan kaki atau bersepeda, melatih penduduk setempat menjadi pemandu, menarik para penyedia jasa akomodasi yang menerapkan praktek lingkungan berkelanjutan.

 

RUMAH TUA TABIR

Perkampungan Rumah Tuo merupakan salah satu bentuk peninggalan sejarah yang terletak di Kecamatan Tabir 28 Km dari Kota Bangko. Perkampungan Rumah Tuo ini berjumlah 30 buah secara berkelompok dan diperkirakan dibangun 500 tahun yang lalu.

DAM BETUK

 

 

TAMAN BUKIT TIUNG

Objek wisata Bukit Tiung ini terdapat di tengah Pusat Kota, di lokasi ini ada Hutan Kota, Taman Burung, Mini Kebun Binatang, Buayan Keliling, dan tempat duduk santai

 

TELUK WANG

 

ARUM JERAM

 

AIR TERJUN SIGERINCING

 

TEPIAN DUKUN BETUAH

 

TELUN AIR BATU

 

GOA TIANGKO SENGAYAU

Gua Sengayau terbentuk dari susunan batu-batuan kapler yang terdiri dari stalagmit dengan dihiasi ornamen alam yang mengagumkan. selain itu jika dipukul akal menimbulkan suara-suara yang unik. Objek wisata ini dapat ditempuh sekitar 1 jam dari kota Bangko.

 

DANAU PAUH

Danau Pauh terletak di Desa Pauh Tengah yang berjarak 96 Km dari Kota Bangko dan dapat dicapai dengan kendaraan roda empat sampai ke pinggir danau. Luas danau 70 Ha dengan ketinggian 1200m dpl kedalaman mencapai 20 meter. Lokasi ini sangat cocok dikembangkan untuk Olahraga Ski Air dan bermain Speed Boat.

 

DEPATI EMPAT AIR PANAS

 

GUNUNG MASURAI


 

 

Objek Wisata di Kabupaten Merangin

 

 

Grow

Adalah sumber air panas yang mengeluarkan asap belerang yang terdapat di 4 lokasi di Desa Renah kemumu Kecanatan Jangkat dengan jarak dari Kota Bangko + 146 km.

 

Semburan salah satu sumber air panas dapat mencapai 15 meter, jika dikendalikan/diasuh oleh seorang pawang dan air ini dapat dijadikan obat penyakit kulit oleh sebagian masyarakat.

 

Kawasan wisata alam air panas/grow ini sudah terdapat  dilalui dengan kendaraan roda empat melalai  melintasi Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat ( TNKS), antara kawasan Desa Tanjung Kasri dan Desa Renah Kemumu.

 

 

Teluk Wang Sakti

Terletak di kawasan Desa Biuku Tanjung Kecamatan Bangko Barat yang berjarak dari Kota Bangko + 14 km tepatnya di kawasan sungai Merangin.

 

Kawasan lokasi ini merupakan tempat kegiatan Arung Jeram yang memiliki tingkat kesulitan yang berskala Nasional bahkan Internasional.

 

Selain itu kawasan Teluk Wang Sakti memiliki sejarah/atau legenda yang sangat mengagumkan konon dahulu kala kawasan ini bernama Tepian Indak Berubah Bukit sekelam Kabut Rantau Bernamo Sibujang Bingung yang merupakan daerah daerah kekuasaan Nenek Sayah Biti mengerao dari lonang (Minang Kabau). Daerah ini dan kawasan Eks Marga Batin 1x di ulu  yang menurut legenda di peroleh Syeh Biti dari nenek Segindo Sungai lintang sebagai tembusan dari Bujang 100, Gadis 100 yang telah diselamatkan Syeh Biti dari perampok yang datang dari Kerajaan Sriwijaya.

 

Sejarah dan lengenda Teluk Wang Sakti meninggalan bukti sejarah antara lain Batu Tenun, Batu Kisaran, dan beberapa benda pusaka yang terpelihara baik oleh ahli waris.

 

 

Geo Sengayau

Terletak di Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Manau yang berjaran dari Kota Bangko + 50 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat serta di teruskan dengan berjalan kaki sejauh 800 meter.

 

Salah satu keunikan dari Goa Sengayang ini di dalam nya terdapat Meja dan Kursi yang terbuat dari batu. Berdasarkan penelitian Arkeologi goa ini pernah di huni oleh manusia purba pada abad ke 10 Masehi. Disamping itu dalam goa tersebut terdapat sungai yang mengalir serta memiliki potensi berupa sarang burung Wallet sebagai mata pencarian masyarakat setempat.

 

Goa Segayau ini terbentuk dari susunan batu-batuan kaviler yang terdiri dari stalaknit dengan dihiasi oleh ornamaen alam dan sebagian terbentuk dari rembesan,kucuran dan tetesan air dari dinding dan bagian atas goa yang sangat mengangumkan,selain itu juga apabila dipukul akan menimbulkan suara-saura yang unik.