Sumber Daya Mineral

POTENSI MINERAL LOGAM DAN NON LOGAM KABUPATEN MERANGIN

  1. KEADAAN GEOGRAFIS

Wilayah Kabupaten Merangin terdiri dari 24 wilayah kecamatan yang merupakan pemekaran dari 9 kecamatan induk.

Secara geografis terletak antara 1010 32’ 11” – 1020 50’ 0” bujur timur dan 10 28’ 23” – 10 52’ 0” lointang selatan.

 

  1. GEOLOGI UMUM

Batuan tertua di daerah Kabupaten Merangin adalah formasi mengkarang dan formasi pelepat, berumur peleozik akihir, berada dalam lingkungan edapan laut dangkal sampai peralihan dan berasosiasi dengan kegiatan gunung api. (sumber laporan ahir penyelidikan UMUM BADAN GEOLOGI TAHUN 2006)

 

  1. POTENSI MINERAL LOGAM DAN NON LOGAM

Potensi bahan tambang yang dimiliki oleh Kabupaten Merangin diantaranya : Bijih Besi, Emasw, Batu Bara, Galena, Sinabar, Tembaga, Marmer, granit dll.

    A.1. BIJIH BESI

    Ijin eksploitasi yang sudah diterbitkan :

          1. PT. Putra Sarko Mining, terletak diDesa nalo kecamatan nalo tantan. Diperkirakan Potensio bijih besi terkandung 164 juta ton.

          2. PT. Sitasa Energi, terletak di desa pulau laying kecamatan Batang Mesumai dengan potensi terkira sebanyak 934.649,20 Ton.

          3. PT. Minara Merangin Sejahtera, terletak di deswa telentam kecamatan tabir barat dengan potensi terkiura 6.573.593.50 Ton (ekspose laporan eksploitasi PT. MMS).

       

     

      A.2. EMAS

    Potensi bahan galian emas yang tersebar di beberapa daerah yaitu di desa Talang Tembago Kecamatan Sungai Tenang dan Kecamatan Jangkat yang sedang di eksploitasi oleh PT. Aneka Tambang.

    Selain itu tersebar pula di kecamatan Tabir, Sungai Manau, Pangkalan Jambu dan Tabir Barat. Pada umumnya hamper setiap daerah di kabupaten Merangin terdapat potensi emas yang ditandai dengan banyaknya aktivitas penambangan emas yang dilakukan oleh masyarakat dengan cara yang sederhana. Berdasarkan hasil survey penyelidikan umum Badan Goelogi pada Tahun 2006, lokasi mineralisasi emas yang di temukan pada saat penyelidikan yaitu :

    • Lokasi Sei. Lontar desa Nalo Gedang Kecamatan Nalo Tantan, mineralisasi emas di temukan dalam kosentrad dulang (MRG/20/PC), berukuran halus, bentuk butir menyudut dan meruncing.

    • Lokasi Sei. Sengukum Hulu Desa Muara Jernih Kecamatan Tabir Ulu, ditemukan mineralisasi dalam monsntrat dulang (MRG/31/PC).

     

    •  
      1. 3. Sinabar

    Mineral ini disebut juga mercury, di temukan di lokasi sungai gedang Desa Baru Nalo Kecamatan Nalo Tantan.

    Indikasi Minerlisasi ditemukan dalam kosentrat dulang, bewarna khas sinabar yakni kemerahan (rose/pink), ukuran dari butir sangat halus hingga kasaer, Selain itu juga di temukabn di lkasi Sei. Serdang Desa Talang Segegah Kecamatan Sungai manau.

     

    1. 4. Tembaga

    Kalpopirit merupakan salah satu mineral yang mengandung tembagta. Beberapa tempat yang di jumpai terdapat indikasi meneralisasi tembaga yaitum :

    1.  
      • Lokasi sungai selwai hulu Desa Kotorayo Kecamatan Tabir

      • Lokasi Sungai Lontar Desa Nalo Gedang Kecamatan Nalo Tantan

     

    1.   
        1. Mineral Non Logam :

    1. 1. Batu Bara

    Potensi bahan tambang yang satu ini sangat banyak. Sampai saat ini perusahaan pemegang ijin ekplorasi yang melakukan aktivitas eksplorasi batu bara yaitu :

     

    No

    Nama Perusahaan

    Lokasi

    Luas (Ha)

    1

    Pt. Andalas Maju Multi Mineral

    Desa danau, aur duri kec. Nalo tantan

    1.200

    2

    PT. Juranoel Bara Sukses Blok I

    Desa Muaro bantam Kec. Renah Pambarap

    2000

    3

    PT. Juranoel Bara Sukses Blok II

    Desa Muaro bantam Kec. Renah Pambarap

    2000

    4

    PT. Kaltim Global

    Desa Pulau Terbakar4 Kec. Tabir Barat

    1.868

    5

    PT. Eaksanusa

    Desa Kederasan Panjang Kec. Batang Mesumai

    1.829

    6

    PT. Raja Wali Terbang Tinggi

    Desa Tanjung Putus Kec. Tabir Barat

    1.265

    7

    PT. Aneka Tambng

    Kec. Pamenag barat Bangko Barat dan Muara Siau

    25.000

     

    Dari hasilo anlisa lab batubara yang sudah dilaksanakan dari beberapa perusahaan yang sudah melakukan kegiatan eksplorasi didapat kalori berkisar antar 4.000 s/d 6.000 kalori. Sampai saat ini belum ada perusahaan yang melaskukan peningkatan kuasa pertambangannya kepada tahap eksploitasi

     

    Susuai dengan undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentan pertambangan mineral dan batubara maka semua perizinan pertambangan batubara dari kuasa pertambangan menjadi izin usaha pertambangan.

     

    B.2 Granit

    Penyebaran singkapan granit dijumpai disungai-sungai seperti :

    • Sungai seiwa desa kotorayo kecamatan tabir dengan luas sebaran sekitar 5 hektar.

    • Sungai mengkarang desa pulau rengas kecamatan bangko barat dengan luas sebaran 10 hektar.

    • Sungai bantan desa durian betakuk kecamatan sungai manau dengan luas sebaran 5 hektar.

     

    B.3. Andesit

    Keterangan andesit yang sudah dilakukan penyelidikan umum antara lain :

    • Desa muara kibul kecamatan tabir ulu, dengan panjang singkapan telihat mencapai 1 KM.

    • Desa baru nalo kecamatan Nalo tantan, andesit ditemukan berupa retas.

    • Desa rantau ngarau kecamatan Tabir ulu, andesit berwarna abu-abu sampai kehitaman pejal, keras diperkirakan cocok untuk agregat beton dan konstruksi ringan hingga sedang.

     

     

    B.4 Batu Gamping

    Batu Gamping umumnya dijumpai berupa batu gamping kristalin yang sudah menjadi marmer, penyebaran batu gamping yang sudah diketahui yaitu :

    • Desa Simpang Tiga Muara Panco dan Desa Sei. Ketapang Kec. Sei manau. Dari hasil pengamatan tersingkap sepanjang 800 meter dengan ketinggian 10-30 dari permukaan jalan.

    • Desa tiangko kecamatan sei, manau, dijumpai batu gamping sudah berubah batu marmer warna kehitaman, membentuk bukit kecil, dengan luas 20 hektar, ketinggian bukit 15 meter dari permukaan jalan.

     

    Selain potensi pertambangan yang tersebtu di atas, kabupaten merangin juga memiliki potensi panas bumi yang terdapat dilokasi air dikit dan grah nyamu desa renah kemumu kecamatan jangkat. Potensi panas bumi tesebut saat ini sedang di kembangkan untuk pembangkit listrik.